Rabu, 23 November 2016

Cara Membibitkan Bunga Kamboja


Cara Membibitkan Bunga Kamboja - Bunga kamboja (Plumeria) yaitu tanaman hias yang mempunyai bunga berwarna indah serta berbau wangi semerbak. Sekilas, bentuk tanaman kamboja serupa sekali dengan adenium. Tetapi keduanya yaitu tanaman yang tidak sama serta mempunyai kecenderungan yang tidak sama juga. 


Bunga Kamboja 

Umumnya beberapa orang di Indonesia berasumsi bunga kamboja yaitu tanaman yang mistik. Hal semacam ini lantaran tumbuhan bunga kamboja umum ditanam di pemakaman serta beberapa tempat sakral yang lain. Namun bersamaan dengan perubahan jaman, bunga kamboja dikira sebagai tanaman hias yang keindahannya mulai diperhitungkan. Umumnya, penanaman bunga kamboja ini mempunyai tujuan untuk membuat situasi yang khas seperti di daerah Bali. 

Bagaimana langkahnya menanam bunga kamboja? Di bawah ini beberapa panduannya dari kami! 

1. Penentuan Bibit Bunga Kamboja 

Tahukah kamu, ada sangat banyak macam bunga kamboja yang menyebar di semua dunia. Sebagian yang populer salah satunya Plumeria bali-whirl mempunyai mahkota bertumpuk, Plumeria acuminata dengan mahkota membulat serta ujungnya menggulung, Plumeria acutifolia mempunyai bunga yang harum serta bermanfaat sebagai obat, Plumeria cendana memiliki bunga yang begitu wangi serta getahnya beracun, dan bunga kok putih yang selalu menguncup meskipun telah mekar. Jadi, pastikan bunga-bunga kamboja yang kamu gemari serta pas dengan topik taman yang akan di bangun. 

2. Membibitkan Bunga Kamboja 

Bunga kamboja dapat dikembangbiakan lewat biji (generatif) serta stek batang (vegetatif). Pembuatan bibit tanaman lewat biji memiliki potensi tumbuh yang semakin besar dibanding dengan cangkok, tetapi saat perawatannya lebih lama. Sedang pembibitan bunga kamboja lewat stek batang tidaklah terlalu susah dikerjakan serta tanaman lebih cepat berbunga. 

Untuk lakukan stek batang bunga kamboja, potong menyerong cabang tanaman kamboja yang telah berumur dewasa dengan panjang sekitaran 60-100 cm. Tanamkan cabang kamboja itu kedalam polybag memakai media tanam berbentuk tanah serta pupuk kandang. Tempatkan akan bibit kamboja ini ditempat yang teduh, sejuk, serta memperoleh cahaya matahari yang cukup. Janganlah lupa siramlah bibit kamboja waktu pagi serta sore hari supaya keperluan air pada tanaman tercukupi.

Sumber Dari : http://berkebun.id/

1 komentar: