Selasa, 08 November 2016

Cara Menanam Mentimun


Cara Menanam Mentimun - Mentimun, ketimun atau Cucumis sativus yaitu satu tanaman yang masihlah termasuk juga kedalam keluarga Cucurbitaceae atau labu-labuan seperti semangka serta melon. Tanaman ini tumbuh dengan merambat serta mempunyai buah yang mempunyai kandungan air yang banyak, tetapi tidak sama perihal dengan keluarga labu-labuan yang lain seperti semangka serta melon yang manis, mentimun condong mempunyai rasa yang netral atau tawar. 

Rasa yang netral berikut yang bikin mentimun dapat digunakan untuk beragam keperluan baik makanan kecil, bahan untuk rujak, bahan untuk beragam masakan lezat. Terkecuali dipakai untuk makanan, mentimun juga mempunyai beragam faedah seperti ; 

- Penyuplai cairan untuk badan 

- Pelengkap vitamin yang dibutuhkan 

- Sebagai mineral yang baik 

- Kurangi toksin dalam badan 

- Menyehatkan pencernaan 

- Pembasmi bau mulu 

- Membuat cantik penampilan mata 

​IMG 

Lihat banyak faedah dari mentimun lumrah bila pada akhirnya keinginan untuk buah/sayuran ini senantiasa tinggi. Bila Kamu tertarik untuk membudidayakan mentimun, tersebut kami tunjukkan penjelasan tentang langkah menanam mentimun yang baik serta benar : 

1. Prasyarat tanam 

Mentimun biasanya dapat tumbuh di beberapa daerah dengan beragam ketinggian serta suhu, tetapi ketinggian pada 1000 s/d 1200 mdpl dengan suhu pada 21-27oC yaitu tanah yang ideal. Media tempat sebaiknya tersinari matahari dengan baik, lantaran tanaman ini termasuk juga kedalam tanaman yang rawan hingga butuh mempunyai perawatan yang baik. Tingkat keasaman tanah yang dianjurkan yaitu 6 s/d 7 pH. 

2. Persiapan lahan 

Tempat yang baik untuk penanaman mentimun yaitu tanah yang mempunyai unsur hara yang masihlah baik, tanah mesti digemburkan dulu lewat cara di cangkul atau dibajak sedalam lebih kurang 20-30 cm untuk membalikan posisi tanah dari bawah ke atas. Sesudah tanah siap lalu di buat bedengan dengan spesifikasi seperti berikut ; 

- Buat ukuran bedengan dengan ukuran lebar 1 mtr. dan tinggi sekitaran 20-30 cm 

- Panjang bedengan sesuai sama panjang lahan 

- Jarak pada bedengan yaitu sekitaran 20 cm 

- Buat parit di antara bedeng dengan rapi untuk drainase 

- Sesudah tanah bedengan siap lalu tutup bedengan dengan mulsa plastik pada saat siang hari atau waktu cuaca panas supaya panjang serta ketahanan mulsa ada pada keadaan optimal. 

- Lubangi bedengan yang sudah ditutupi mulsa dengan diameter 10 cm 

- Jarak pada lubang bedengan satu baris mendatar yaitu 40 cm 

- Sesaat jarak antar lubang bedengan satu baris ke bawah aadalah 50-60cm 

Sesudah bedengan siap langkah setelah itu yaitu dengan memberi pupuk alami yang datang dari kotoran hewan, pada tiap-tiap lubang bedeng. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar