Sabtu, 05 November 2016

Cara Menanam Brokoli Dengan Teknik Hidroponik


Cara Menanam Brokoli Dengan Teknik Hidroponik - istilah hidroponik (hydroponics) digunakan untuk menjelaskan tentang cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Di kalangan umum, istilah ini dikenal sebagai “bercocok tanam tanpa tanah”. Di sini termasuk juga bercocok tanam di dalam pot atau wadah lainnya yang menggunakan air atau bahan porous lainnya, seperti pecahan genting, pasir kali, kerikil, maupun gabus putih.

Dahulu, peneliti yang bekerja di laboratorium fisiologi tumbuhan sering bermain-main dengan air sebagai media tanam dengan tujuan uji coba bercocok tanam tanpa tanah. Sebagian orang menganggap metode itu sebagai aquakultur (bercocok tanam di dalam air). Uji coba tersebut ternyata berhasil dan patut diberi acungan jempol sehingga banyak ahli agronomi yang terus mengembangkan cara tersebut.

Pada perkembangan selanjutnya, media air diganti dengan media yang lebih praktis, efisien dan lebih produktif. Cara kedua ini lebih mendapat sambutan dibandingkan cara yang hanya menggunakan media air. Oleh karenanya, pada perkembangan selanjutnya, teknik itu disebut hidroponik. Hidroponik ini kemudian dikembangkan secara komersial.

untuk menanam sayuran brokoli denga teknik hidroponik sama seperti  pada tanaman lainnya tahap awal dengan mempersiapakan media tanam dan benih yang berkualitas dan yang terpenting sehat setelah mempersiapkan media tanama dan benih selanjutnya anda masuk ke dalam proses penyemaian dalam penyemaian yang harus diperhatikan adalah kelembapan pada tanaman sayuran brokoli trsebut.Seperti biasnya anda harus melakukan perawatan pada tanaman karna pada proses perawatan ini sanagat penting untuk menunjang keberhasilan dari penanaman brokoli tersebut,perwatan bisa anda lakukan dengan cara memperhatiakan cairan nutrisi yang ada di talang jangan sampai tanaman kehabisan nutrisi.Selain cairan nutrisi anda bisa menaruh tanaman brokoli ke tempat yang terkena sinar matahari tetapi apabila keaadan hujan jauhkan tanaman brokoli pada air hujan anda bisa memberikan naungan pada atas media hidroponik.

1 komentar: