Senin, 07 November 2016

Langkah Menyemai Benih Hidroponik Memakai Rockwool


Langkah Menyemai Benih Hidroponik Memakai Rockwool - Potong-potong rockwool dengan ukuran 2, 5 x 2, 5. 
Basahi rockwool dengan air lewat cara dicipratkan atau disemprot kecil supaya rockwool tidaklah terlalu basah/tergenangi air. Letakkan di nampan atau kotak plastik sisa yang ada. 
Lubangi sisi tengah tiap-tiap rockwool dengan lidi/tusuk gigi. Janganlah buat lubang sangat dalam, cukup kurang lebih 2 mm saja. 
Masukan benih tanaman kedalam lubang yang telah di buat diatas rockwool. 
Tutup wadah dengan kantong plastik hitam serta letakkan ditempat yang teduh atau gelap. 
Biasanya untuk sayuran seperti sawi serta selada, dalam 1-2 hari telah sprout/pecah benih. Sinyal sprout yaitu dengan timbulnya calon akar (putih-putih) serta menyembul calon daun. 
Bila telah ada yang pecah benih, selekasnya jemur wadah diisi benih tersebut di bawah cahaya matahari pagi hingga siang. Bila matahari telah terik, cukup taruh ditempat yang jelas serta tak perlu ditutup lagi oleh plastik hitam. 
Terlambat memperkenalkan pada cahaya matahari dapat menyebabkan etiolasi. 
Kerjakan sehari-hari. Berikan atau semprotkan air supaya rockwool tetaplah basah serta lembab bila di rasa media telah kering. 
Ciri benih yang telah siap tanam yaitu telah tumbuh daun sejati. Pada sekarang ini tanaman siap dipindah ke media hidroponik untuk memperoleh nutrisi penambahan terkecuali air serta cahaya matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar